
Di era digital sekarang ini, penulisan telah menjadi salah satu keterampilan yang sangat penting dalam berbagai bidang, seperti di bidang pemasaran, periklanan, hingga pembuatan konten. Kita mengenal dengan istilah Copywriting dan Content Writing, namun masih banyak orang yang belum mengenal perbedaan dari kedua istilah tersebut. Meskipun sama-sama mengandung unsur Copy dan Writing, kedua istilah tidaklah sama.
Perbedaan Copywriting dengan Content Writing.
Copywriting merupakan sebuah seni dalam menulis teks yang bertujuan untuk mempengaruhi atau membujuk audience (pembaca) untuk mengambil tindakan tertentu. Contohnya, mempengaruhi audience untuk membeli produk, mendaftarkan diri untuk berpartisipasi, hingga melakukan klik tautan atau link.
Fokus utama dalam copywriting adalah persuasi dan penjualan sehingga pengaplikasiannya seperti iklan, landing page, sampai dengan email marketing. Copywriting biasanya ditulis dalam bentuk penulisan yang singkat, menarik perhatian, dan berfokus pada manfaat produk atau layanan.
Content Writing juga merupakan sebuah seni dalam menulis yang bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan edukatif kepada pembaca. Contohnya, semua tulisan yang ada di blog ini merupakan hasil dari Content Writing.
Fokus utama dalam Content Writing adalah memberikan nilai tambah melalui informasi yang disajikan. Penulisan yang disajikan biasanya lebih panjang dan mendalam dibandingkan dengan Copywriting dengan tujuan untuk mendidik atau menginformasikan sesuatu.
Tujuan Copywriting dan Content Writing.
Tujuan Copywriting adalah untuk mendorong tindakan spesifik dari audience, seperti pembelian, langganan, atau pendaftaran. Copywriting menggunakan teknik-teknik persuasive yang dirancang untuk mempengaruhi keputusan audience. Penulisan copy dari Copywriting sering kali menggunakan bahasa yang emosional dan mendesak untuk menciptakan rasa urgensi dan keinginan.
Tujuan Content Writing adalah untuk memberikan nilai tambah kepada pembaca melalui informasi yang bermanfaat dan relevan. Selain itu, Content Writing juga bertujuan untuk membina hubungan jangka panjang dengan pembaca. Tidak heran, banyak yang menyediakan konten yang berkualitas dan informatif, penulis konten dapat membangun kepercayaan dan loyalitas dari pembaca.
Gaya penulisan Copywriting dan Content Writing.
Gaya penulisan Copywriting cenderung langsung dari pihak pertama dan kedua, persuasif, dan sering kali menghadirkan emosional. Penulisan copy menggunakan headline yang menarik perhatian, sub judul yang menggugah minat, dan kalimat-kalimat pendek yang mengarahkan audience untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Struktur Copywriting biasanya mengikuti model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang dirancang untuk menarik perhatian, membangkitkan minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan.
Gaya penulisan Content Writing lebih informatif, edukatif dan sering kali formal. Penulis konten menggunakan bahasa yang jelas dan terstruktur untuk menyampaikan informasi yang mendalam dan komprehensif. Struktur Content Writing lebih leluasa dan bervariasi, tergantung apa tujuan konten yang dibuat dan bagaimana gaya bahasa yang digunakan.
Teknik yang dipakai di Copywriting dan Content Writing.
Di dalam pembuatan Copywriting, biasanya ada beberapa teknik yang sering dipakai. Seperti:
- Menggunakan headline yang menarik perhatian. Seperti contoh yang sering kita temui adalah judul pada sebuah artikel yang bombastis, atau yang sering kita kenal sebagai clickbait, hook, trigger, dll.
- Penerapan call-to-action (CTA) yang efektif. Seperti contoh seperti kalimat "Ayo, pesan sekarang juga!" atau "Klik aja langsung link yang ada di bawah ini." Ada juga CTA yang secara penulisannya seperti bukan ke arah sales, seperti "Jaga diri kamu dari sekarang!" atau "Jangan sampai kehabisan!"
- Pemanfaatan psikologi konsumen, seperti rasa takut kehilangan atau keinginan untuk mendapatkan keuntungan.
Berbeda dengan Content Writing, biasanya beberapa teknik yang sering dipakai adalah sebagai berikut.
- Penelitian dan pengumpulan data yang mendalam untuk menyajikan informasi yang akurat. Hal ini dikarenakan jenis informasi yang disajikan di sebuah artikel tersebut lebih mendalam, jangan sampai artikelnya menjadi sebuah kesesatan bagi para pembaca.
- Penggunaan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari. SEO ini adalah hal yang teknis, bisa dipelajari, dan butuh waktu yang tidak sebentar untuk menempatkan website/artikel kita berada di halaman terdepan mesin pencari.
- Penulisan yang konsisten dan relevan dengan audience, serta penggunaan gaya bahasa yang sesuai. Contohnya, apabila kita membaca artikel yang dikeluarkan dari instansi tertentu, gaya bahasa yang disampaikan lebih kaku dan formal. Sama halnya dengan media yang menyampaikan berita, penulisannya sesuai dengan standar baku EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Beda halnya dengan website atau blog pribadi, banyak dari mereka yang menggunakan bahasa lebih luwes atau fleksibel dengan gaya percakapan sehari-hari.
Copywriting memainkan peran penting dalam sebuah advertising campaign, karena menulis sebuah teks yang persuasif dan menarik maka dapat meningkatkan konversi dan penjualan. Copy yang baik dapat menarik perhatian target audience, membangkitkan minat, dan mendorong tindakan yang diinginkan seperti melakukan pembelian.
Content Writing berkontribusi signifikan dalam strategi pemasaran konten, karena penyediaan konten yang berkualitas dan informatif, content writing dapat meningkatkan brand awareness dan engagement. Konten yang relevan dan bermanfaat dapat menarik pembaca, membangun kepecayaan, memperkuat kredibilitas brand, hingga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.
Copywriting dan Content Writing dapat saling melengkapi dalam strategi pemasaran yang komprehensif. Misalnya, artikel blog yang informatif (content writing) dapat diakhiri dengan CTA yang kuat (copywriting) untuk mendorong pembaca melakukan tindakan tertentu. Integrasi yang sukses ini dapat menunjukkan bagaimana kedua seni ini dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan pemasaran.
Mulailah berlatih untuk membuat copy dan content yang menarik dari sekarang!
No comments:
Post a Comment