KOL Specialist: Pengertian, Jobdesk, dan Hambatannya - Jadi Kere Aktif

Home Top Ad

Responsive Ads Here

24 February 2024

KOL Specialist: Pengertian, Jobdesk, dan Hambatannya



Dunia digital berkembang dengan sangat pesat setiap tahunnya, tidak heran banyak profesi-profesi baru yang mungkin terdengar asing bagi banyak orang. Apakah kalian tahu tentang KOL Specialist?

Bagi yang berkecimpung di dunia kreatif, sudah tidak asing lagi mendengar kata KOL (Key Opinion Leader). Apalagi profesi KOL Specialist sudah menjadi bagian dari digital marketing karena terbukti begitu besar perkembangannya untuk sebuah perusahaan, mulai dari branding hingga penjualan. KOL adalah orang yang diakui dan dihormati di suatu bidang tertentu dan ia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapat dan keputusan orang lain, terutama pengaruh mereka di media sosial atau di dalam suatu komunitas tertentu.

KOL Specialist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara brand/perusahaan dengan KOL.

KOL Specialist mempunyai gol untuk meningkatkan visibilitas merek, mempengaruhi opini dan perilaku audience untuk membangun kepercayaan dan citra yang positif merek melalui KOL. Perlu diingat, KOL dan influencer adalah hal yang mirip namun sebenarnya mereka berbeda. Seringkali, makna mereka menjadi bias sehingga orang banyak beranggap bahwa KOL dan influencer adalah sama. Tapi, KOL Specialist juga bisa bekerja sama dengan KOL maupun influencer.


Apa saja jobdesk dari seorang KOL Specialist?
  • Mampu berkomunikasi dengan baik.
    KOL Specialist akan selalu berhadapan dengan banyak orang, jadi komunikasi akan menjadi senjata utama dalam melakukan tugasnya. Komunikasi ini bisa ke internal maupun eksternal seperti antar tim di masing-masing divisi, KOL, dan brand.
  • Membuat list KOL.
    Setiap harinya Anda harus memperbarui list KOL, di mana masing-masing KOL nano, micro, macro, dan mega harus dimasukkan ke dalam beberapa kategori. Misalnya sport, beauty, edukasi, dll.
  • Mampu membuat konsep konten.
    Kolaborasi antar divisi sangat diperlukan untuk membuat suatu campaign berhasil, tidak jarang juga KOL Specialist bisa membuat content sample sebagai bahan acuan untuk divisi-divisi lain dan KOL-nya.
  • Mampu melakukan lobi dan negosiasi.
    Rate card KOL sangatlah beragam, itulah mengapa harus disesuaikan dengan budget brand. Poin ke-2 di atas sangat erat hubungannya dengan hal ini.
  • Mampu bekerja sesuai schedule.
    Schedule yang dimaksud di sini adalah rentang waktu dan deadline yang telah disepakati. KOL Specialist harus bisa mengatur diri mereka sendiri di kala schedule yang padat, mulai dari ide konten, mencari KOL, negosiasi harga, briefing, jadwal posting, hingga report.


Banyak orang yang menganggap bahwa profesi ini tidaklah terlalu sulit, apalagi untuk yang gemar mengikuti trend di media sosial dan mengetahui siapa saja KOL maupun influencer yang terkenal hingga yang kecil. Namun, dari pemikiran yang seperti itu ternyata realitanya sangatlah jauh. Ada banyak sekali hambatan yang dihadapi oleh KOL Specialist, di antaranya:

  • Deadline yang mepet.
    Seringkali pekerja di digital marketing selalu berhadapan dengan deadline yang sangat singkat, misalnya briefing hari ini dan besok sudah harus berjalan.
  • KPI campaign yang sulit dicapai.
    Biasanya ini bersinggungan dengan popularitas dari suatu brand dan budget yang mereka miliki tidaklah berjalan seimbang. Misalnya, brand tidak terlalu terkenal atau memiliki citra buruk tapi ingin nama mereka menjadi top of mind di pasar. Banyak juga yang menginginkan penjualan naik hingga berkali-kali lipat.
  • Sulit menentukan KOL yang tepat.
    Setiap KOL memiliki pasarnya sendiri, tidak mungkin apabila brand beauty dipromosikan oleh KOL otomotif. Terkadang, followers yang banyak belum tentu akan menentukan campaign yang berhasil apalagi dengan budget yang terbatas tapi menginginkan KOL yang bagus.
  • Harus pintar menyembunyikan emosi.
    Tidak heran kalau profesi ini memiliki tingkat stres yang tinggi karena harus berhadapan dengan internal, brand, dan KOL itu sendiri. Apabila ada suatu permasalahan maka harus cepat untuk diputuskan dan menjaga komunikasi di saat emosi pada saat terjadi masalah akan menentukan kinerja KOL Specialist. Misalnya, KOL telat posting maka KOL Specialist akan kena marah oleh internal dan brand, maka KOL Specialist harus bisa mengkomunikasikannya dengan KOL segera meskipun itu sudah di luar jam kerja.
  • Melakukan list KOL tidaklah mudah.
    Beberapa perusahaan agency advertising akan selalu melakukan update data terbaru tentang KOL list, di mana biasanya sehari itu bisa mencapai 100 atau bahkan lebih. Hal ini bisa lebih parah apabila ada schedule yang bentrok. Misalnya, ada meeting, shoting, pembuatan konten, dll.

Menjadi KOL Specialist saat ini banyak dicari oleh banyak perusahaan dan bisa dilakukan oleh orang-orang yang ingin melakukan switch career. Tidak heran juga para fresh graduate mencoba mencari pengalaman mereka dengan menjadi KOL Specialist. Anda harus siap dengan deadline dan KPI, latihlah mental Anda dari sekarang.

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment